Selasa, 19 Maret 2013

Cara Mudah Membuat Kaset DVD Dari Koleksi Video

Saya yakin pasti sobat semua pernah dong nonton film ataupun musik dari kaset DVD dan memutarnya menggunakan DVD Player. Sejak kehadiran DVD yang kualitas suara dan gambarnya lebih jernih dan lebih mantap maka masyarakat pun lebih menyukai mengoleksi DVD daripada VCD yang seringkali tampilan videonya pecah-pecah.

Nah, masalahnya terkadang kita sering tidak puas jika membeli kaset DVD di pasaran yang berisi kumpulan musik karena banyak musik yang tidak sesuai dengan yang kita harapkan. Untuk itu, bagaimana jika kita membuat sendiri saja kaset DVD dari koleksi musik kesayangan kita? Sulitkah proses pembuatannya? Pasti penasaran!!

Kami akan tunjukkan cara membuat Kaset DVD dari koleksi video yang telah kita download dari situs Youtube. Sebenarnya ada banyak cara untuk membuat kaset DVD seperti membuatnya melalui Total Video Converter dan lainnya. Tetapi kekurangannya kita sering dipusingkan dengan convert, burn dan lain-lainnya.

Nah, jika kita membuatnya menggunakan DVD Flick ini maka dijamin akan lebih mudah, lebih praktis dan lebih cepat tanpa harus convert dan lainnya. DVD Flick merupakan sebuah program gratis dan open source, kita bisa menyimpan berbagai format video yang kita miliki ke dalam sebuah keping DVD dan kompatibel untuk dijalankan di TV dengan Video player.

Format video yang didukung sangat banyak, yaitu : AVI, AVS, DivX, FLV, HDMOV, MPG, MPEG, MPV, M2V, TS, MP4, M4V, MKV, MJPG, NUT, 3GP, 3G2, NSV, QT, MOV, RM, SMK, OGM, WMV dan ASF. Hasil keluaran bisa disesuaikan sesuai dengan Ukuran DVD yang umum 4.3 GB atau juga berbagai format/ukuran lainnya. Hasil keluaran bisa dipilih untuk langsung di burning (simpan) ke DVD atau dalam bentuk file ISO yang bisa di burning lain waktu. Atau dihasilkan file-file DVD langsung di hardisk.

Berikut langkah-langkah untuk membuat DVD Video dengan DVD Flick :

  • Pastikan terlebih dahulu anda telah mempunyai koleksi video dengan format FLV yang telah anda download dari situs Youtube.
  • Silakan anda jumlah semua file koleksi anda tersebut dengan cara blok semua file kemudian klik kanan dan Properties. Untuk membuat 1 buah kaset DVD biasanya diperlukan 600 MB file FLV (jadi yang perlu anda perhatikan adalah total file FLV anda dan bukan jumlah filenya)
  • Jika sudah, silakan anda download DVD Flick pada link yang sudah tersedia di bawah kemudian instal hingga selesai.
  • Sekarang jalankan DVD Flick melalui shorcutnya yang sudah tersedia di desktop. Oh ya, masukkan juga kaset DVD Blank anda ke DVD RW Komputer ataupun laptop anda.
  • Pertama-tama, atur dulu melalui menu Project Settings
  • Maka akan tampil kotak dialog seperti gambar berikut ini. Pada tab General, silakan anda beri nama judul tampilan kaset DVD anda.
  • Kemudian klik tab Video, dan pada bagian Target Format pastikan anda memilih PAL karena yang sudah ditentukan di daerah kita (Asia)
  • Selanjutnya, klik tab Burning. Berikan tanda ceklis pada bagian Burn Project to Disk. Dan Berilah nama disk anda pada kotak Disk Label. Sedangkan untuk setting lainnya biarkan saja.
  • Jika sudah, silakan anda klik tombol Accept.
  • Anda akan dibawa kembali ke tampilan semula. Sekarang kita akan memasukkan koleksi video (Flv) yang kita miliki. Silakan anda klik tombol Add Title yang ada di sebelah kanan.
  • Maka akan ditampilkan kotak dialog Select Video File seperti gambar berikut ini. Silakan anda cari file video anda dan blok semua video kemudian klik tombol Open.
  • Tunggulah beberapa saat, maka semua file video anda akan dimasukkan seperti pada gambar berikut ini.Daftar Berbutir
  • Sekarang, silakan anda klik Menu Setting yang ada di bagian atas. Pada bagian ini kita akan mengatur tampilan awal sebelum film dimulai. Disini sudah disediakan beberapa template anda dapat memilih salah satu. Sebagai contoh disini saya memilih The Party. Jika sudah, klik tombol Accept.
Daftar Berbutir
  • Selanjutnya, untuk memulai membuat DVD maka silakan anda klik menu Create DVD yang ada di bagian atas.
  • Jika muncul kotak dialog seperti berikut, maka langsung saja klik tombol OK
  • Maka proses Encoding (perubahan format file video) sekaligus proses Burning akan dimulai. Nah pada proses inilah yang sangat memakan waktu.
  • Biasanya proses ini butuh waktu sekitar kurang lebih 3 jam untuk membuat 1 kaset DVD yang isinya penuh. Mungkin sebaiknya anda pergi manda dan tidur dulu hahahahahaha


Jika nanti sudah selesai, maka anda bisa langsung memutarnya pada DVD Player Televisi atau diputar di Laptop dengan menggunakan software Cyberlink Power DVD.



Silakan Download DVD Flick Dari Situs Resminya Disini



Semoga Bermanfaat,

Tetap Semangat!!


sumber:http://www.javacreativity.com/2012/05/dvd-flick-cara-mudah-membuat-kaset-dvd.html

0 komentar:

Posting Komentar

TINGGALKAN KOMENTAR ANDA!